Senin, 09 April 2012

PKN KLS XI

Hubungan international dan organisasi international
 

       Secara umum hubungan international di artikan sebagai hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi dengan melampaui batas batas ketatanegaraan.




  1.  Tyque Nathiessen,menyatakan bahwa hubungan international merupakan bagian dari ilmu politik komponen komponen hungan international meliputi politik international,organisasi dan administrasi international dan hukum international.
  2.  Charles A.Mc Clellad,mengungkapkan bahwa  hubungan international adalah study tentang keadaan-keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.
  3.  Warsito Sunaryo,memandang bahwa hubungan international merupakan study tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk study tentang keadan relevan yang mengelilingi interaksi.

Adapun yang di maksud dengan kesatuan kesatuan sosial tertentu, bisa di artikan negara, bangsa, maupun organisasi negara sepanjang bersifat international.

Ada 3 konsep hubungan inernational antara lain :
  • Politik luar negri adalah seperangkat cara yang di lakukan oleh suatu negara untuk mengadakan hubungan international demi tercapainya tujuan negara serta kepentingan negara yang bersangkutan
  • Hubungan luar negri adalah keseluruhan hubungan yang di jalankan oleh suatu negara dengan semua pihak yang tidak tunduk pada kedaulatannya
  • Politik international adalah politik antar negara yang mencakup kepentingan dan tindakan beberapa atau semua negara serta proses interaksi antar negara maupun organisasi international

Tidak ada komentar:

Posting Komentar